Skip to main content

follow us

  • About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy
  • Disclaimer
  • Search This Blog

    Apa sih Tujuan AKSI for School

    Berikut adalah sedikit gambaran tujuan AKSI for School. Pada tahun 2017, Direktorat Pembinaan SMP dan Pusat Penilaian Pendidikan bekerjasama melakukan survei nasional yang disebut Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI). Mengambil sampel di dua provinsi yaitu DKI dan DIY dengan target sasaran siswa kelas 8 SMP. Hasilnya senada dengan hasil studi internasional. 3 dari 5 siswa masih pada level kemampuan melakukan pengetahuan rutin. Perlu perbaikan yang bersifat komprehensif dan berkelanjutan, salah satunya adalah dengan melakukan penilaian formatif yang berkualitas, mampu mendiagnosa kelemahan siswa, sekaligus memberikan umpan balik perbaikan pada pembelajaran.

    Tujuan pemanfaatan Asesmen Komptensi Siswa Indonesia (AKSI) for School adalah :

    1. Meningkatkan pemehaman guru mengenai asesmen tingkat kelas dan fungsinya bagi umpan balik pembelajaran
    2. Memberikan pemahaman substansi topik-topik yang mencakup pada AKSI for School. Topik matematika meliputi : (1) pola bilangan, (2) persamaan dan rumus, (3) bentuk aljabar, (4) bilangan cacah dan bilangan bulat, (5) peluang, (6) interpretasi data, (7) pengaturan dan representasi data, (8) pengukuran, (9) bentuk-bentuk geometris, (10) lokasi, pergerakan, dan spasial, (11) rasio, proporsi dan persentase, (12) pecahan dan desimal. Topik IPA meliputi : (1) gaya dan gerak, (2) perubahan pada lingkungan, (3) perkembangan dan siklus hidup orga, (4) keanekaragaman, adaptasi dan seleksi, (5) ekosistem, (6) struktur, fungsi dan proses organisme, (7) karakteristik dan klasifikasi makhluk hidup, (8) jenis, sumber dan konversi energi, (9) panas dan suhu, (10) kesehatan manusia, (11) cahaya dan optik, (12) listrik dna magnet, serta (13) wujud benda dan perubahan fisika. Topik bahasa indonesia meliputi (1) eksposisi, (2) eksplanasi, (3) narasi, (4) deskripsi, (5) teks laporan, (6) teks prosedur


    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar