-->

Soal UN 2018 Essai? Ini Cuplikan Artikelnya....

Soal UN 2018 Berupa Soal Pilihan Ganda dan Essai

Soal UN 2018 - Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog dan salam pendidikan. Pada kesempatan kali ini kembali Hadi Setyo Blog akan posting seputar Soal UN 2018, yaitu tentang wacana adanya soal essai di soal UN 2018. Posting kali ini seputar ringkasan artikel dari portal online di Indonesia yang membahas seputar Soal UN 2018. Tentunya juga saya sertakan pula sumbernya, yang paling tidak dapat sebagai acuan. Berikut adalah cuplikannya :

Soal UN 2018 Essai? img

Bentuk Soal UN 2018 - Pilihan Ganda dan Essai


Cuplikan 1 tentang Soal UN 2018 : Antara News 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebutkan bahwa soal Ujian Nasional pada 2018 tidak hanya pilihan ganda melainkan bisa berupa mengisi jawaban atau pilihan yang tidak tunggal.

"Kami berusaha, mulai tahun depan soal UN tidak lagi semuanya pilihan ganda. Sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih mendalam," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Melalui soal UN yang tidak hanya pilihan ganda, lanjut dia, juga dapat mengukur ketuntasan belajar siswa. Meskipun saat ini, baik guru maupun siswa belum sepenuhnya menyadari bahwa UN dapat mengukur ketuntasan belajar siswa.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, mengatakan ketuntasan belajar tidak hanya diukur melalui nilai namun proses yang harus dicapai siswa.

http://www.antaranews.com/berita/635585/kemdikbud-menyebut-soal-un-2018-berbentuk-esai

Cuplikan 2 tentang Soal UN 2018 : Detik.com

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membuat soal pada penyelenggaraan ujian nasional (UN) 2018 lebih bervariasi. Salah satunya dalam bentuk esai. Begitu wacana tersebut diumumkan, banyak reaksi yang muncul dari masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud Nizam mengatakan variatifnya soal dalam UN bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa.

"Kami berusaha, mulai tahun depan soal UN tidak lagi semuanya pilihan ganda, sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih dalam," ujar Nizam dalam keterangan yang dipublikasikan melalui situs resmi Kemendikbud.

https://news.detik.com/berita/d-3540567/saat-kemendikbud-netizen-berbalas-ayat-soal-un-2018


Cuplikan 3 tentang Soal UN 2018 : Kumparan.com
Kemendikbud membuat terobosan baru untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMP tahun 2018. Soal UN nantinya tidak lagi piliha ganda, melainkan esai.

"Kami berusaha, mulai tahun depan soal UN tidak lagi pilihan ganda. Sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih mendalam," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam, dalam jumpa pers seperti dilansir Antara, Kamis (15/6).

Melalui soal UN yang esai, lanjut Nizam, juga dapat mengukur ketuntasan belajar siswa. Meskipun saat ini baik guru maupun siswa belum sepenuhnya menyadari bahwa UN dapat mengukur ketuntasan belajar siswa.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, mengatakan ketuntasan belajar tidak hanya diukur melalui nilai namun proses yang harus dicapai siswa.

https://kumparan.com/nurul-hidayati/soal-un-smp-2018-esai-tak-lagi-pilihan-ganda


Cuplikan 4 tentang Soal UN 2018 : Tempo.co
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa soal ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama pada 2018 tidak lagi berbentuk pilihan ganda melainkan esai.

”Kami berusaha, mulai tahun depan soal UN tidak lagi pilihan ganda sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih mendalam,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2017.


Melalui soal UN yang esai, kata Nizam, juga dapat mengukur ketuntasan belajar siswa. Meskipun saat ini guru dan siswa belum sepenuhnya menyadari bahwa UN dapat mengukur ketuntasan belajar siswa.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad, ketuntasan belajar tidak hanya diukur melalui nilai namun proses yang harus dicapai siswa.

https://nasional.tempo.co/read/news/2017/06/15/173884803/un-smp-2018-kementerian-pendidikan-soal-berbentuk-esai

Dengan adanya wacana yang sementara ini sudah beredar lantas apa yang mesti dilakukan guru? Berikut adalah sedikit gambaran apa yang meski dilakukan versi Hadi Setyo Blog :

1. Guru tetap fokus menyampaikan materi yang meski diberikan sesuai buku siswa
2. Guru berusaha menjabarkan indikator dari SKL-Kisi-kisi Ujian Nasional tahun sebelumnya
3. Guru berusaha untuk memberikan model soal uraian ketika mengadakan evaluasi (ulangan), sehingga sudah terbiasa ketika nantinya benar-benar Soal UN 2018 ada essainya.
4. Guru tetap menunggu Kisi-kisi dan POS resmi UN 2018
5. Tidak ada salahnya ketika guru memberikan Soal Latihan UN 2018, disisipkan juga soal essai

Semoga sedikit berbagi informasi tentang wacana Soal UN 2018 Essai di atas bermanfaat, tetap semangat untuk mendidik dan kita tunggul bersama Kisi-kisi UN 2018 dan POS Un 2018.

Keywords : Bentuk Soal UN 2018, Kisi-kisi Soal UN 2018, SKL UN 2018, POS UN 2018, Soal UN 2018 Essai, Soal UN 2018









Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Posting Relevan