Back to Top

Panduan Registrasi Verval SIM PKB

Monday, July 10, 2017

Panduan Registrasi Verval SIM PKB

Panduan Registrasi Verval SIM PKB - Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, agak sedikit lama tidak posting dalam blog ini, karena ada kebiasaan jadul, yaitu update blog yang lain. Sebenarnya sudah agak lama akan posting seputar "Panduan Registrasi Verval SIM PKB". Hal ini terkait dengan adanya kelanjutan program P4TK yaitu tentang pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Sekitar bulan Juni 2017 lalu, santer sekali berita seputar registrasi dan juga verval SIM PKB, atau yang dahulu kenal dengan Guru Pembelajar Online (GPO). Bagaimana sih caranya registrasi dan verval SIM PKB?  Bagi guru yang sudah mengikuti UKG 2015 dan mengikuti Program Guru Pembelajar ditahun 2016 maka tinggal melakukan login dan simpan data untuk melakukan verifikasi. Dengan begitu maka guru tersebut sudah masuk dalam program PKB (Degnan catatan ketua MGMP atau KKG sudah mendaftarkan diri sebagai komunitas ke Cabang Dinas Kab./Kota).


Mengenal SIM PKB 

Sekilas tentang SIM PKB - PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) adalah program yang mempunyai tujuan umum yaitu untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengembangkan keterampilan instruksional yang dimiliki oleh seorang guru. Selain itu juga untuk mengembangkan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampunya. SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Bagi bapak/ibu guru yang belum UKG dan ingin mengikuti UKG 2017 serta melakukan registrasi dan verval SIM PKB 2017, berikut ini panduannya:

Cara Mendaftar dan Registrasi SIM PKB Sebagai Peserta UKG 2017 :

1. Silahkan login ke alamat situs SIM PKB: www.sim.gurupembelajar.id atau www.paspor.simpkb.id

2. Setelah masuk pada tampilan awal situs web SIM PKB silahkan ikuti langkah-langkah sesuai gambar di bawah ini:

Panduan Registrasi Verval SIM PKB img


A. Klik Registrasi Akun.
B. Klik Cari No UKG. (Ini bisa juga untuk melakukan cek No. UKG bagi yang lupa nomor UKG)
Pada bagian ini Anda diminta untuk memasukkan data Nama, Propinsi dan Kabupaten/Kota. Jika tidak terdaftar pada info GTK maka akan tampil data yang tidak ditemukan, seperti tampak pada gambar di bawah ini:

Panduan Registrasi Verval SIM PKB img








7:59:00 AM

0 komentar: