-->

Pencarian Terkini : Soal Siap UN SMP 2017, Soal Siap UN SMA/K 2017, Jadwal PLPG 2016

J u d u l :

Revisi Kurikulum 2013, Apa dan Dimana Perubahannya?

Mengenal Revisi Kurikulum 2013 Terkini

Mengenal Revisi Kurikulum 2013, Revisi Kurikulum 2013 pict
Revisi Kurikulum 2013 ~ Revisi terhadap dokumen Kurikulum 2013 telah dilakukan tahun secara bertahap, gtak terkecuali di tahun 2016 ini. Harapnya setelah direvisi para guru lebih mudah mengimplementasikannya. Seperti yang dikatakan Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Tjipto Sumadi dalam sebuah dialog pendidikan yang membahas implementasi Kurikulum 2013 di Hotel Grand Inna Kuta Bali, Sabtu (11/6/2016).

Apa dan Dimana Perubahannya?

Kalau pada sebelumnya guru banyak mengeluhkan masalah penilaian, maka hasil revisi Kurikulum 2013 ini akan lebih memudahkan kerja guru, terutama dalam penilaian terhadap siswanya. Tugas penilai spritual dan sikap sosial itu dilakukan guru Agama dan Budi Pekerti serta guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) secara langsung. Namun guru mapel lain tetap berkewajiban menumbuhkembangkan karakter anak, agar anak-anak tidak tercerabut dari akar budaya bangsa kita.

Tugas menumbuhkan karakter positif siswa menjadi tanggung jawab bersama, .Tak terkecuali guru matematika juga ikut serta. Terkait dengan implementasi Kurikulum 2013, Tjipto mengatakan Kemendikbud melakukan pelatihan instruktur secara berjenjang. Pelatihan instruktur dimulai dari pelatihan narasumber nasional, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan instruktur provinsi dan selanjutnya instruktur daerah.

Berikut adalah garis besar Revisi Kuriklu 2013 :




1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tetapi tetap Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.

2. KD pd KI 1 & KD pada KI 2 ditiadakan di setiap mata pelajaran kecuali pada mapel agama dan ppkn namun K I tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.Penilaian sikap harus dilakukan,dicatat pada jurnal dan dilaporkan oleh guru mapel kepada wali kelas tiap semester.

3. Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 KD, maka yg diambil adalah nilai yang optimum. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama.                    
4. Pendekatan scientific 5M bukan lah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya  tidak harus berurutan. Model pembelajaran yang digunakan adalah Discovery Learning, Inquiri, Problem based, Project dan model-model lainnya.

5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran

6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester utk semester 1 dan penilaian akhir tahun utk semester 2.Utk SMP msh ada UTS.

7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran dan tujuan pembelajarn.tetapi IPK yang diturunkan dari KD harus ditulis lebih rinci.

8. Skala penilaian menjadi 0-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi. 

9. Remedial diberikan untuk yg kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil

10. Pembobotan nilai harian dan penilaian akhir semester diserahkan ke sekolah masing-masing tetapi harus dibunyikan dalam KTSP.

Demikian sekilas info tentang Revisi Kuriklum 2013, semoga bermanfaat. Salam pendidikan

Keywords : Mengenal Revisi Kurikulum 2013, Revisi Kurikulum 2013

-->
>

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2016

POS UN SMP-SMA 2015/2016

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2015/2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2016

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2015/2016



Posting Relevan