-->

Pencarian Terkini : Soal Siap UN SMP 2017, Soal Siap UN SMA/K 2017, Jadwal PLPG 2016

J u d u l :

Ini 5 Pesan Mendikbud Saat Lantik Narasumber Nasional

Ini 5 Pesan Mendikbud Untuk Semua Guru Saat Lantik Narasumber Nasional

Salam Pendidikan ~ Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, pada kesempatan yang baik ini Hadi Setyo Blog akan posting seputar pelaksanaan Kurikulum 2013. Berikut adalah cuplikan yang bersumber dari laman http://dikdas.kemdikbud.go.id/. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, sebanyak 598 instruktur nasional kurikulum 2013 (K-13) sebagian besar dari unsur guru.

Pesan Menteri Anies Bawesdan untuk Semua Guru

Anies Bawesdan berharap, pelatihan Narasumber Nasional ini bisa mendorong guru memiliki sifat pembelajar, yaitu memiliki motivasi untuk terus belajar, mempunyai pikiran yang terbuka, serta bisa mengikuti perkembangan zaman.



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melantik Narasumber Nasional (NN) Kurikulum 2013 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Ahad pagi, 20 Maret 2016. Narasumber Nasional yang dilantik berjumlah 155 orang.

Dalam sambutannya, Anies menyebut NN merupakan orang-orang terpilih yang mengemban tanggung jawab besar. Tanggung jawab itu harus diemban secara serius dari awal. Selama ini, kata Anies, persoalan muncul di sekolah lantaran tidak ditangani secara serius.

Berikut adalah  lima pesan yang disampaikan Anies dalam acara tersebut.

Pertama, Narasumber Nasional harus memiliki pemahaman yang lengkap, komprehensif, dan substansif tentang kurikulum. Jika tidak punya pemahaman yang baik, tak ada materi yang bisa disampaikan.

Kedua, tunjukkan sikap, tutur, tata, dan disiplin yang mencerminkan apa yang ingin dilihat di masa mendatang. “Kita semua lebih banyak pengalaman. Tapi cara kita menyampaikan pengalaman akan mencerminkan perspektif yang ada dalam diri kita. Narasumber Nasional harus mencerminkan cara pandang positif,” ujarnya.

Ketiga, perhitungkan potensi deviasi dan pemahaman yang berbeda. Penyampaian pemahaman mengenai kurikulum dilakukan secara berjenjang, mulai dari Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, Instruktur Provinsi, Instruktur Kabupaten/Kota, hingga sekolah. “Tanggung jawab yang amat besar, paham substansi, mampu memfasilitasi, bersikap terbuka, dan mengerti tentang pelayanan menjadi sangat penting,” tegas Anies.

Keempat, membawa unsur kebaruan. Narasumber Nasional harus bisa menunjukkan bahwa tak hanya kurikulum yang mengalami kebaruan. Narasumber Nasional juga harus mengalami kebaruan, yaitu menjadi fasilitator yang merangsang munculnya pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan selain menyampaikan materi atau bahan yang sudah disiapkan.

Kelima, menjalankan pembelajaran dengan metode yang tidak konvensional. Jika ingin siswa melakukan proses belajar yang aktif, maka Narasumber Nasional harus memulainya dengan membangun kemampuan menghadirkan suasana pembelajaran yang aktif.

Demikian sedikit informasi seputar 5 Pesan Mendikbud Saat Lantik Narasumber Nasional yang tentunya ditujukan tidak hanya untuk Narasumber Nasional, namun secara umum adalah kepada semua guru. Semoga bermanfaat.


-->
>

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2016

POS UN SMP-SMA 2015/2016

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2015/2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2016

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2015/2016



Posting Relevan