Uji Kompetensi Guru (UKG) Rutin Tiap Tahun

Friday, August 7, 2015

Uji Kompetensi Guru (UKG) Rutin Tiap Tahun

ukg UKA 2015 IMG
Uji Kompetensi Guru (UKG) Rutin Tiap Tahun ~ Selamat bertemu dengan Hadi Setyo Blog, tak terasa waktu terus berlalu, sampai-sampai lama tidak posting di blog ini. Berikut ada informasi terkini terkait dengaan Uji Kompetensi Guru (UKG). Seperti yang dilansir jpnn.com, bahwa mulai tahun ini ada dua skema yang akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdiknud) untuk mengukur profesionalisme guru, yaitu secara akademis dan non-akademis.

Soal Uji Kompetensi Guru (UKG)


Menurut rencana, ditegaskan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Supranata di Jakarta, Rabu (6/8), mulai tahun ini, Pengukuran akademis dilakukan dengan rutin menyelenggarakan uji kompetensi guru (UKG) setiap tahun. Adapun untuk Pengukuran non-akademis dengan melakukan penilaian terhadap kinerja guru.


UKG Guru di bawha Naungan Kemenag
"Di bawah Ditjen GTK kami akan melakukan tes UKG ke seluruh guru termasuk 318 ribu guru yang ada di Kemenag. Jadi ada 3,8 juta guru yang akan diuji mulai tahun ini untuk tahu potret kompetensinya," kata Pranata.

Alasan UKG diselenggarakn Tiap Tahun
‎Dijelaskannya, ‎UKG harus dilakukan secara rutin karena ada target yang harus dicapai. Di 2019 mendatang, kata dia, rata-rata nilai UKG harus mencapai angka delapan. Target tersebut tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mengenai guru yang terdiri atas tiga poin.

Pertama, meningkatkan profesionalisme, kualitas, dan akuntabilitas GTK.  Kedua, meningkatkan kualitas LPTK. Ketiga, meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru

-->



7:35:00 AM

0 komentar: