-->

Pencarian Terkini : Soal Siap UN SMP 2017, Soal Siap UN SMA/K 2017, Jadwal PLPG 2016

J u d u l :

OSN ke 13 Tahun 2015 di Mataram ~ NTB

OSN ke 13 Tahun 2015 di Mataram ~ NTB

OSN ke 13 Tahun 2015 di Mataram ~ NTB, Soal OSN 2015 img
OSN ke 13 Tahun 2015 di Mataram ~ NTB . Menurut rencana Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-13 akan diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Penyelenggaraan kali ini merupakan kali ke-tiga OSN di luar pulau Jawa. Sebelumnya, OSN pernah dilaksanakan di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Achmad Jazzidie, mengatakan, penyelenggaraan OSN di tempat yang berbeda ini bertujuan agar kecintaan terhadap bidang sains merata di seluruh Indonesia. Dengan diselenggarakannya OSN di daerah tersebut, akan memengaruhi para siswa untuk berkompetisi lebih baik.

OSN 2015 di Mataram ~ NTB

“Gaungnya akan memengaruhi siswa. Sehingga kecintaan terhadap ilmu pengetahuan merata dirasakan,” katanya pada dialog interaktif yang berlangsung di Kantor Kemdikbud, Kamis (28/08).

Disamping itu, Jazzidie mengungkapkan ada syarat yang harus dipenuhi oleh daerah yang akan menjadi tuan rumah OSN. Syarat minimal, kata dia, adalah kesediaan. Daerah mengajukan diri dan siap menjadi tuan rumah. Kesiapan tersebut kemudian dievaluasi oleh Kemdikbud, mulai dari kesiapan akomodasi, fasilitas, hingga sarana dan prasarana.

Syarat lainnya, ada kesediaan antara pemerintah pusat dalam hal ini Kemdikbud, dan pemerintah daerah untuk menanggung bersama pendanaan penyelenggaraan OSN. Oleh karena itu, kesediaan dari pemerintah daerah merupakan kunci sukses penyelenggaraan OSN.

OSN 2015
“Bisa saja OSN selalu diselenggarakan di Jakarta, fasilitas lengkap, semua ada, tapi yang kita inginkan agar semangat cinta sains nya bisa merata di seluruh daerah,” katanya.

Selain berkompetisi, para peserta juga akan disuguhi pameran pendidikan yang merupakan kerja sama Kemdikbud dengan pemerintah daerah NTB. Usai melakukan serangkaian lomba, peserta juga akan diajak untuk melakukan kegiatan wisata edukasi berkeliling kota.

Setiap tahun, pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) akan mengikuti olimpiade di kancah internasional. Dari pengalaman tersebut, desain soal OSN setiap tahun pun berkembang mengikuti level soal internasional.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Achmad Jazidie, mengatakan, OSN merupakan salah satu titik lintasan agar siswa Indonesia dapat ikut berkompetisi di persaingan global. Oleh karena itu, katanya, dari tahun ke tahun soal OSN dipakai sebagai pemicu agar siswa-siswi di Indonesia dapat menyesuaikan diri dengan percaturan tingkat dunia.

Soal OSN 2015
OSN ke 13 Tahun 2015 di Mataram ~ NTB, Soal OSN 2015 pict
“Kalau kita bisa meningkatkan kemampuan siswa dengan soal-soal ini, artinya tingkat pendidikan kita semakin baik,” katanya saat dialog interaktif di Kantor Kemdikbud, Kamis (28/08).

Dengan desain yang mendekati soal internasional, tak heran jika semakin banyak siswa Indonesia yang meraih medali di olimpiade tingkat dunia. Misalnya saja, di Olimpiade Biologi Internasional (OBI), Indonesia berhasil raih tiga emas dan satu perak.

Jazidie meyakini, prestasi yang diraih oleh anak-anak Indonesia tersebut tidak mungkin dapat diraih tanpa disiplin diri yang tinggi. Selain perbaikan dalam sistem pendidikan, Jazidie mengatakan, OSN dapat dijadikan salah satu wadah peningkatkan sumber daya manusia yang kompetitif

Keywords : OSN ke 13 Tahun 2015 di Mataram ~ NTB, Soal OSN 2015

-->
>

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2016

POS UN SMP-SMA 2015/2016

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2015/2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2016

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2015/2016



Posting Relevan