-->

Pencarian Terkini : Soal Siap UN SMP 2017, Soal Siap UN SMA/K 2017, Jadwal PLPG 2016

J u d u l :

Mengasah Keterampilan Matematika Anak

Mengasah Keterampilan Matematika Anak

Mengasah Keterampilan Matematika Anak. Bertugas sebagai guru tentunya tidak akan lepas dengan yang namanya hitungan. Walaupun bukan guru matematika tentunya akan menemukn matematika dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi apabila kita memiliki anak kecil, perlu trik untuk mengasah ketrampilan berhitng. UNTUK mengasah keterampilan matematika anak, terutama dalam masalah menghitung, tidak harus selalu menggunakan buku pelajaran. Sebab, orang tua bisa mengasah kemampuan berhitung putra putrinya dengan menggunakan mainan.

Permainan yang Bisa Mengasah Kemampuan Anak Berhitung

Mainan yang identik dengan angka seperti ular tangga, monopoli dan ludo bisa dijadikan ajang bermain sekaligus belajar bagi anak-anak, terutama yang masih duduk di bangku awal sekolah. Tetapi, dengan metode berhitung yang berbeda.

"Jangan mulai dari angka satu untuk menghitung langkah pion. Setelah dadu dilempar dan menunjukkan angka, suruh anak untuk menghitung langkah dimulai dari nomor terakhir yang ditempati pion," kata Profesor Laski Elida dari Boston College, AS, seperti dilansir laman Daily Mail, Jumat (6/12).

"Misalnya ketika pion ada di angka 15, lanjutkan langkah sesuai dadu dengan mulai menyebut angka 16,17, dan seterusnya. Jangan berulang kali sebut angka satu, dua, dan seterusnya tiap pion berjalan," lanjut Laski.

Laski dan timnya menguji dua metode hitung yang digunakan 40 anak dalam memainkan ular tangga dan ludo. Kelompok pertama melakukan hitungan yang dimulai dari angka satu setiap pion melangkah. Sedangkan kelompok kedua menggunakan lanjutan dari angka terakhir yang ditempati pion.

Tim peneliti mengatakan, proses menghitung pada kelompok kedua memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan kemampuan mereka mengkodekan hubungan antara angka dan jarak. Lebih jauh lagi, metode menghitung langkah pion seperti itu bisa meningkatkan kemampuan mereka memperkirakan ukuran garis di tiap permainan.

"Tidak kalah penting, diperlukan peran orang tua dan guru untuk tetap mengarahkan perhatian anak-anak pada angka-angka di papan permainan. Sebab, meski angka-angka itu bisa meningkatkan kemampuan mereka memperkirakan, menghitung, dan mengidentifikasi nomor, tapi manfaatnya tergantung dari bagaimana anak-anak menghitung selama bermain," pungkas Laski.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2013/12/07/204548/Permainan-yang-Bisa-Mengasah-Kemampuan-Anak-Berhitung-

-->
Mengasah Keterampilan Matematika Anak pict
>

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2016

POS UN SMP-SMA 2015/2016

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2015/2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2016

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2015/2016



Posting Relevan