-->

Pencarian Terkini : Soal Siap UN SMP 2017, Soal Siap UN SMA/K 2017, Jadwal PLPG 2016

J u d u l :

Definisi Bilangan Bulat

 Bilangan Bulat Creating History Together With ArenaBetting Piala Eropa 2012, EURO 2012
Kompetensi
* Siswa dapat mengklasifikasikan suatu bilangan merupakan bilangan bulat
Materi
1 Definisi Bilangan Bulat
2 Latihan
Sebelum kalian mempelajari materi pada bab ini, sebaiknya pembaca memahami kembali mengenai bilangan cacah, garis bilangan, kuadrat, akar pangkat dua, serta KPK dan FPB dari dua bilangan atau lebih.


1. Definisi Bilangan Bulat
Coba kalian ingat kembali materi di tingkat sekolah dasar mengenai bilangan cacah. Bilangan cacah yaitu 0, 1, 2, 3, .... Jika bilangan cacah tersebut digambarkan pada suatu garis bilangan,apa yang kalian peroleh? Seseorang berdiri di atas lantai berpetak. Ia memilih satu garis lurus yang menghubungkan petak-petak lantai tersebut. Ia berdiri di satu titik dan ia namakan titik 0. 

Garis pada petak di depannya ia beri angka 1, 2, 3, 4, .... 

Jika ia maju 4 langkah ke depan, ia berdiri di angka +4. Selanjutnya, jika ia mundur 2 langkah ke belakang, ia berdiri di angka +2. Lalu ia mundur lagi 3 langkah ke belakang. Berdiri di angka berapakah ia sekarang? Di angka berapa pulakah ia berdiri, jika ia mundur lagi 1 langkah ke belakang?

Perhatikan bahwa posisi 4 langkah ke depan dari titik nol (0) dinyatakan dengan +4. Demikian pula posisi 2 langkah ke depan dinyatakan dengan +2. Oleh karena itu, posisi 4 langkah ke belakang dari titik nol (0) dinyatakan dengan –4. Adapun posisi 2 langkah ke belakang dari titik nol (0) dinyatakan dengan –2.


Pasangan-pasangan bilangan seperti di atas jika dikumpulkan akan membentuk bilangan bulat. Tanda + pada bilangan bulat biasanya tidak ditulis. Kumpulan semua bilangan bulat disebut himpunan bilangan bulat dan dinotasikan dengan B = {..., –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, ...}.


# Penggunaan Bilangan Bulat dalam Kehidupan Sehari-hari
Suhu suatu tempat yang berada di bawah nol derajat Celcius. Bagaimana untuk menyatakan suhu di bawah 00C ? Suhu 100C di bawah 00 C ditulis dengan – 100 C
Suhu 200 C di bawah 00 C ditulis dengan – 200 C


# Letak Bilangan Bulat pada Garis Bilangan
Pada garis bilangan, letak bilangan bulat dapat dinyatakan sebagai berikut.
 

Pada garis bilangan di atas, bilangan 1, 2, 3, 4, 5, ... disebut bilangan bulat positif, sedangkan bilangan –1, –2, –3, –4, –5, ... disebut bilangan bulat negatif. Bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan nol, sedangkan bilangan bulat negatif terletak di sebelah kiri nol.


Perhatikan garis bilangan di atas. Pada garis bilangan tersebut, makin ke kanan letak bilangan, makin besar nilainya. Sebaliknya, makin ke kiri letak bilangan, makin kecil nilainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk setiap p, q bilangan bulat berlaku :


a. jika p terletak di sebelah kanan q maka p > q;
b. jika p terletak di sebelah kiri q maka p < q.


Untuk lebih jelasnya tentang bilangan bulat dan operasinya, bisa disimak pada media berikut ini :



2. Latihan
1. Jika permukaan air laut dinyatakan dengan 0 meter, tulislah letak suatu tempat yang ditentukan sebagai berikut.
a. 175 meter di atas permukaan air laut.
b. 60 meter di bawah permukaan air laut.


2. Isilah titik-titik dengan tanda “<” atau “>” sehingga menjadi kalimat yang benar
a. –4 …… –8
b. 5 …… –7
c. –2 ….. –4
d. –5 ….. –4


3. Diketahui suhu di dalam suatu ruangan laboratorium 170C. Karena akan digunakan untuk sebuah penelitian, maka suhu di ruangan tersebut diturunkan 250 C lebih rendah dari suhu semula. Berapakah suhu di ruangan itu sekarang?


Penyelesaian
1. a. 175 m, b. - 60 m
2. a. >, b. >, c. >, d. <
3. 170C - 250C = - 80C
Semoga sedikit materi tentang Definisi Bilangan Bulat ini bermanfaat....Jangan lupa setelah membaca "Like This Yooo"....





>

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2016

POS UN SMP-SMA 2015/2016

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2015/2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2016

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2015/2016



Posting Relevan