-->

Pencarian Terkini : Soal Siap UN SMP 2017, Soal Siap UN SMA/K 2017, Jadwal PLPG 2016

J u d u l :

INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena dengan sifat dan karakteristik Internet yang cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagaimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi, CD-ROM Interkatif dan lain-lain.


Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di sekolah, internet harus mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara guru dengan siswa sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yang kalau dijabarkan secara sederhana, bisa diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa dalam memeperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut (Boettcher 1999).
Strategi pembelajaran yang meliputi pengajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi dan evaluasi, secara umum keterlaksanaannya tergantung dari satu atau lebih dari tiga mode dasar dialog/komunikasi sebagai berikut (Boettcher 1999):
- dialog/komunikasi antara guru dengan siswa
- dialog/komunikasi antara siswa dengan sumber belajar
- dialog/komunikasi di antara siswa

Apabila ketiga aspek tersebut bisa diselenggarakan dengan komposisi yang serasi, maka diharapkan akan terjadi proses pembelajaran yang optimal. Para pakar pendidikan menyatakan bahwa keberhasilan pencapaian tujuan dari pembelajaran sangat ditentukan oleh keseimbangan antara ketiga aspek tersebut (Pelikan, 1992).
Kemudian dinyatakan pula bahwa perancangan suatu pembelajaran dengan mengutamakan keseimbangan antara ketiga dialog/komuniaksi tersebut sangat penting pada lingkungan pembelajaran berbasis Web (Bottcher, 1995).

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, apakah Internet mampu memenuhi ketiga persyaratan tersebut?. Sebagaimana telah dibahas secara sepintas di bagian depan, sesungguhnya internet merupakan media yang bersifat multi-rupa, pada satu sisi Internet bisa digunakan-untuk berkomunikasi secara interpersonal misalnya dengan menggunakan e-mail dan chat sebagai sarana berkomunikasi antar pribadi (one-to-one communications), di sisi lain dengan e-mail-pun pengguna bisa melakukan komunikasi dengan lebih dari satu orang atau sekelompok pengguna yang lain (one-to-many communications). Bahkan sebagaimana telah disinggung di bagian depan, internet juga memiliki kemampuan memfasilitasi kegiatan diskusi dan kolaborasi oleh sekelompok orang. Di samping itu dengan kemampuannya untuk menyelenggarakan komunikasi tatap muka (teleconference), memungkinkan pengguna internet bisa berkomunikasi secara audiovisual sehingga dimungkinkan terselenggaranya komunikasi verbal maupun non-verbal secara real-time.

Apalagi dimasa sekarang koneksi internet dapat diakses dengan mudah, salah satunya adalah layanan telkomspeedy.

Berikut beberapa produk layanan telkomspeedy untuk layanan pendidikan :

1. Indismart SD Kelas 1-6



Indismart adalah kontem animasi edukatif berbasis website yang didukung dengan animasi atraktif, simulasi interaktif, fitur yang mudah, latihan soal & jawaban serta pembahasan & penilaian. indismart ditujukan untuk pelajar SD, SMP dan SMA dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa perlu CD dan instalasi. Konten Edukasi senantiasa di update setiap bulannya


Indismart konten pembelajaran online menyediakan tiga paket berlangganan:

1. Paket SD (Kelas 1-6, Matematika-IPA-IPS-Bahasa Inggris)
2. Paket SMP (Kelas 7-9,Fisika-Matematika-Biologi-IPS)
3. Paket SMA (Kelas 10-12, Fisika-Geografi-Biologi)


2. Bamboomedia OnNET (PERSONAL)



Bamboomedia OnNet didesain untuk memberikan "digital benefit" kepada masyarakat era multimedia.

Anda bisa mengakses seluruh konten eLearning: Anak Pra-Sekolah (Pembelajaran Usia Dini). Materi Belajar SD, SMP dan SMA (untuk Siswa dan Guru). Koleksi Tutorial Komputer plus MiniGames untuk seluruh anggota Keluarga. Memadukan aktivasi Belajar, Games serta Fun Quiz dan bisa berkompetisi secara Online. Full Animasi, Simulasi dan Grafik berkualitas tinggi.

3. DDL Rapid 30 days



DDLRapid MaxSpeedy adalah download manager online dengan metode premium voucher download.

Kami menawarkan download manager multi premium account yang sanggup mendownload berbagai file hosting dengan koneksi IIX Telkom Speedy. Sehingga anda tidak perlu membeli banyak account premium, namun cukup miliki account ddlrapid saja dan jelas lebih hemat dan cepat.

Dengan premium voucher DDLRapid anda akan mendapatkan trafik maximum dari layanan Telkom Speedy Indonesia untuk seluruh Nusantara.

Traffic Download 300GB atau unlimited
Tarif harga Rp. 120.000/bulan

4. Bamboomedia OnNET (GROUP)



Bamboomedia OnNet didesain untuk memberikan "digital benefit" kepada masyarakat era multimedia.

Anda bisa mengakses seluruh konten eLearning: Anak Pra-Sekolah (Pembelajaran Usia Dini). Materi Belajar SD, SMP dan SMA (untuk Siswa dan Guru). Koleksi Tutorial Komputer plus MiniGames untuk seluruh anggota Keluarga. Memadukan aktivasi Belajar, Games serta Fun Quiz dan bisa berkompetisi secara Online. Full Animasi, Simulasi dan Grafik berkualitas tinggi.

Anda dapat menikmati layanan ini secara GRATIS dengan mendaftarkan diri ke Website Bamboomedia Onnet. Jangan lupa mengaktifkan "Premium Member" untuk menikmati layanan tanpa batas, caranya:

- Pastikan Anda sudah terdaftar pada Website Bamboomedia Onnet.
- Isi Formulir Berlangganan Konten berikut.
- Email yang diisikan pada formulir ini harus sama dengan email yang terdaftar di Bamboomedia Onnet.


Atau lebih detailnya bisa dilihat di http://store.telkomspeedy.com/store/


Dengan demikian terlihat bahwa secara nyata internet memang akan bisa digunakan dalam seting pembelajaran di sekolah, karena memiliki karakteristik yang khas yaitu (1) sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many, (2) memiliki sifat interkatif, dan (3) memungkinkan terjadinya komunikasi secara sinkron (syncronous) maupun tertunda (asyncronous), sehingga memungkinkan terselenggaranya ketiga jenis dialog/komunikasi yang merupakan syarat terselengaranya suatu proses belajar mengajar.


>
gravatar

Terus kembangkan intertet agar tersebar ke seluruh pelosok Indonesia, tentunya dengan speedy internetan bisa cepet, Semangat terus ya dengan Resolusi Juara 2012nya. salam blogger

gravatar

Sukes Resolusi Internet 2012 di berbagai bidang, termasuk di dunia pendidikan http://www.hadisetyo.com/2011/12/internet-sebagai-media-pembelajaran.html

gravatar

Sukses yah mas Hadi !!!, senang membaca blog nya. Semoga kita tetap jadi blogger yang memberi manfaat bagi pembaca setia.

Salam kenal,
Komentar balik yah mas, silahkan cek
bujangdumai.com

gravatar

@ Jebrain : Terima kasih atas kunjungannya....Sukses selalu...

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2016

POS UN SMP-SMA 2015/2016

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2015/2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2016

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2016

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2015/2016



Posting Relevan